Sabtu, 22 Oktober 2016

Memaknai Pendidikan karakter

Disini saya ingin menjelaskan mengenai "pendidikan karakter di sekolah; kajian teori dan praktek desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter di dalam kehidupan Sekolah. tujuan saya menulis ini Tak lain dan tak bukan adalah untuk menyebarkan segala informasi untuk peserta didik yang belum mengetahui Apa sih Pendidikan karakter? Bgaimana cara menerapkannya? dan Mengapa harus Ada pendidikan karakter itu di sekolah? fungsi nya apa? 
untuk menjawab pernyataan itu Mari kita Pecahkan pertanyaan itu sekarang juga.  

A. Pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa indonesia.
     Bangsa indonesia yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya sejak 17 agustus 1945 memiliki kondisi unik dimana kalau dilihat dari perkembangannya sampai saat ini. kurang lebih sudah 65 tahun Rakyat Indonesia menjalani hidup berbangsa dan bernegara secara merdeka yang diakui oleh negara-negara lain didunia. keunikan ini tidak saja dilihat dari kberagaman komponen dan kekayaan yang dimiliki bangsa ini, tetapi juga dilihat dari kondisi yang dialami oleh bangsa indonesia saat ini. komponen bangsa indonesia terdiri dari beragam konteks dan budaya yang terus berkembang dari waktu ke waktu. dilihat dari kekeyaannnya bangsa indonesia dapat dikategorikan sangat melimpah disertai dengan letak kepulauan yang berada di lintasan khatulistiwa, tanah yang subur, air yang melimpah, udara yang segar, kekayaan sumber energi dan mineral yang melimpah didalam tanah dan laut, semuanya memberikan keunikan tersendiri terhadap bangsa ini. Namun demikian, keunikan juga dpat kita lihat dari kondisi yang ada, dirasakan, dan telah menjadi khas bangsa ini. Seharusnya dengan kondisi sosial budaya dan kekayaan alam yang melimpah , rakyat indonesia dapat merasakan kehidupan yang makmur dan sejahtera dari waktu-kewaktu. Kenyataan yang dialami bangsa ini menunjukan kondisi yang berbeda dengan Logika kekayaaan sosial, budaya, dan alam. kondisi yang dialami menunjukan bahwa kekayaan alam tereksplorasi besar-besaran, pembangunan industri terjadi terus menerus, (walaupun kondisinya naik turun dari waktu ke waktu) dan pergantian pemerintahan terus menerus secara damai, tapi kebanyakan rakyat indonesia BELUM mendapatkan dan mengalami kehidupan yang makmur dan sejahtera.
   Berbagai pengalaman ini menunjukan bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang unik. unik merujuk pada kondisi yang dialami bangsa saat ini. banyak orang termasuk saya bertanya tentang hal ini, Apa yang salah dengan bangsa ini ?? maka disini saya ingin menjelaskan secara singkat kenapa bangsa indonesia sampai sekarang masih seperti itu.
inilah indikasi- indikasi alasa untuk menjawab pertanyaan diatas :
1. Karena Kondisi Moral dan akhlak generasi muda yang rusak atau hancur.
    hal ini ditadai dengan semakin meraknya Seks bebasdikalangan remaja (generasi muda), peredaran Narkoba di kalangan remaja, Tawuran pelajar, peredaran Foto dan Vidio Porno dikalangan Pelajar, dan masih banyak lagi. 

2. Pengangguran terdidik yang menghawatirkan.
    kita tau sekarang Banyak orang yang berpendidikan Tidak mendapat pekerjaan (pengangguran), oke kalau tamatan SD/SMP/SMA/SMK memang wajar menganggur, karena belum mendapatkan ilmu yang lebih, Kalau Peguruan Tinggi, apakah semuanya itu berkerja?? TIDAK. banyak lulusan dari perguruan sekarang ini yang menganggur, selit mencari pekerjaan. kenapa hal itu bisa terjadi pada bangsa ini.

3. Rusaknya moral bangsa dan Menjadi akut.
    contoh nya Koupsi, Asusila, kejahatan, tindak kriminal dapa semua sektor pembangunan. itu masih banyak terjadi di bangsa ini. Korupsi semakin bertambah Bahkan Merajalela. astagfirullahuladzim.
apa penyebanya, ya tadi telah rusaknya Moral yang ada dalam diri bangsa ini.

4. Bencana yang sering/terus berulang dialami oleh bangsa indonesia.
    banyak yang mengatakan ini Azab dari tuhan, yaa Benar, karena bodohnya bangsa ini dalam mecahkan masalah lingkungan seperti banjir, longsor dan kebakaran.

5. Kemiskinan yang mencapai 40 JUTA dan terus bertambah.

6. Daya koopratif yang rendah.
    hal itu menyebabkan banyak produk dalam negeri dan sumber daya manusia tergantikanoleh produk dan sumber daya manusia dari negeri tetangga atau luar negeri.

7. Inefesiensi pembiayaan pendidikan.
    inefesiensi biaya pendidikan ini dapat diidentifikasikan dari rendahnya ampak yang dihasilkan dari biaya yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan baik mikro, makro, maupun messo. angka pengangguran yang terus bertambah menunjukan bahwa lulusan pendidikan persekolahan kita sampai saat ini belum mampu menjawab perubahan zaman dan kompetisi yang ketat dangan bangsa-bangsa lain.

Fenomena nyata yang dialami dan terjadi pada bangsa ini sebagaimana tergambar dari data tersebut menunjukan bahwa "sungguh unik bangsa ini". pandangan tentang keunikan ini harus mengarahkan pandangan dan pikiran kita untuk menelaah lebih jauh mengenai apa penyebabnya, bagaimana memecahkannya, dan bagaimana bangsa ini dibangun untuk masa depan yang lebih baik, serta sukses didunia dan bahagia di akhirat, KALAU BUKAN KITA YANG BERUBAH , TERUS SIAPA LAGI?? :)

Sumber :
Dharma kesuma,dkk.(2012).Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah.Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Kata kunci :

  • Pendidikan karakter
  • Memaknai pendidikan karakter
  • Indikasi perlunya pendidikan karakter
  • Pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar